Pembukaan CIPUTRA MITRA HOSPITAL Banjarmasin

Setelah lama dinanti, akhirnya Ciputra Mitra Hospital berstandar internasional resmi beroperasi di CitraLand Banjarmasin. Kini masyarakat Kota Banjarmasin tak perlu lagi jauh-jauh berobat ke Pulau Jawa, bahkan ke luar negeri.

Ciputra Mitra Hospital Banjarmasin yang dibangun di kawasan perumahan CitraLand Banjarmasin akan dibuka secara resmi pengoperasiannya oleh Sahbirin Noor Gubernur Kalimantan Selatan didampingi KH. Khalilurrahman Bupati Banjar, Cakra Ciputra Managing Director Ciputra Group, Wiranata Halim Direktur Utama PT. Ciputra Mitra Medika, Veimeirawaty Kusnadi Direktur PT Ciputra Mitra Medika, dan Bing Sugiarto Chandra Direktur Ciputra Group, pada Rabu, 16 Nopember 2016.

Acara ini rencananya dihadiri pula oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar,  jajaran direksi Ciputra Group dan Mitra Group, kontraktor, konsultan, dan sejumlah tamu undangan termasuk tokoh masyarakat sekitar.

Ciputra Mitra Hospital merupakan rumah sakit tipe B, yaitu kategori rumah sakit swasta yang paling tinggi dengan persyaratan cukup ketat. Rumah sakit ini dikembangkan di atas lahan 1,5 hektar, dengan Luas bangunan 18.000 M2,yang terdiri dari 6 lantai dan 1 basement. Kapasitas Bed untuk tahap awal 169 Bed, yang akan dikembangkan pada tahap ke 2 menjadi 300 Bed, yang saat ini siap menerima pasien berobat.

Dengan telah beroperasinya Ciputra Mitra Hospital, Cakra Ciputra berharap masyarakat Kota Banjarmasin dan sekitarnya  tidak perlu lagi jauh-jauh berobat ke Pulau Jawa atau sampai ke luar negeri, sebab sebagian besar penyakit hingga penanganan operasi besar dapat ditangani oleh Ciputra Mitra Hospital.

“Selama ini kebutuhan akan fasilitas kesehatan (rumah sakit) yang representatif di Banjarmasin sangat tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya masyarakat kelas menengah atas yang memilih berobat ke luar daerah, terutama Surabaya dan Jakarta, bahkan tidak sedikit yang berobat ke luar negera (Singapura atau Malaysia),” kata Cakra Ciputra.

Ciputra Mitra Hospital, kata Veimeirawaty Kusnadi didesign dengan konsep modern, juga ramah lingkungan, mulai dari landscape dan tanaman pada atap dan facade gedung untuk menambah kesejukan, pengelolaan air limbah, serta pemilihan alat mekanikal dan elektrikal, maupun peralatan medis yang ramah lingkungan dan hemat energi.

Makin berkembang

Dengan beroperasinya Ciputra Mitra Hospital ini membuat penghuni CitraLand Banjarmasin, serta masyarakat Kota Banjarmasin, dan sekitarnya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Di samping itu, keberadaan Ciputra Mitra  Hospital turut mengangkat nilai investasi rumah dan ruko di CitraLand Banjarmasin. Ini sejalan dengan komitmen Ciputra Group untuk terus memberikan nilai tambah yang maksimal kepada konsumen, baik dari sisi investasi (kenaikan nilai properti) maupun dari sisi kenyamanan tinggal para konsumennya.

Piter Simpony General Manager Ciputra Group mengatakan, untuk mendukung kenyamanan tinggal di kawasan tersebut, Estate Management CitraLand Banjarmasin telah melakukan revitalisasi kawasan, khususnya pembersihan saluran-saluran air, perawatan dan pelebaran jalan-jalan utama, serta perawatan taman-taman.  Hasilnya sangat memuaskan, kawasan CitraLand Banjarmasin makin rapi, indah, dan nyaman.

Piter menjelaskan, perkembangan pembangunan dan pertumbuhan penghuni perumahan elit ini yang begitu pesat membawa dampak positif terhadap peningkatan aktifitas bisnis di beberapa area komersial di lingkungan CitraLand Banjarmasin. Selain penghuni CitraLand Banjarmasin, captive market juga datang dari masyarakat Kota Banjarmasin pada umumnya.

“Tingginya kebutuhan akan kawasan bisnis di CitraLand Banjarmasin, terutama tempat hangout, menginspirasi kami membangun pusat kuliner dan taman bermain/rekreasi keluarga, yaitu wahana MealBox & FunPark, yang bersifat sementara. Di MealBox & FunPark akan dilengkapi dengan lapangan basket, futsal, bike park, dan skate park,” ujar Piter.

Sarana ini, imbuh Piter, mendapatkan apresiasi positif penghuni CitraLand Banjarmasin. Sejak dibuka, banyak penghuni yang memanfaatkan untuk bersantai bersama keluarga dan berolahraga, serta tempat kumpul berbagai komunitas masyarakat, terutama di sore hari. Lokasi MealBox & FunPark ini menempel dengan kawasan pertokoan seperti Ruko Manhattan Avenue dan KoziPoint.

“Untuk lebih meramaikan beberapa kawasan pertokoan yang berdekatan dengan Ciputra Mitra Hospital, pada tanggal 28 – 30 Oktober 2016 kami menyelenggarakan Summer Market di MealBox & FunPark. Acara pesta kuliner yang menyajikan berbagai kuliner tradisional dan modern pilihan,” kata Piter.

Acara Summer Market yang sudah diadakan ketiga kalinya di Kota Banjarmasin ini tergolong sukses besar. Ada sekitar 70 pengusaha kuliner yang bergabung di acara tersebut. Setiap hari rata-rata dihadiri sekitar 5.000 pengunjung, yang sebagian besar adalah masyarakat Kota Banjarmasin dan sekitarnya.

Tren membaik

Sementara itu, Mateus  Anggut Project Manager CitraLand Banjarmasin menyampaikan, meningkatnya kualitas lingkungan, dibukanya Ciputra Mitra Hospital, serta makin ramainya wahana MealBox & FunPark memberikan dampak positif langsung terhadap penjualan rumah dan ruko  di CitraLand Banjarmasin. Banyak masyarakat yang tertarik menjadi bagian dari perumahan eksklusif ini, sejalan dengan meningkatnya daya beli masyarakat Banjarmasin.

“Apalagi dengan pulihnya harga komoditas batubara di pasaran dunia, dimana Harga Batubara Acuan (HBA) di bulan Nopember ini naik sebesar 22,9 persen menjadi US$ 84,89 per ton pada November 2016, dari posisi Oktober 2016 sebesar US$ 69,07 per ton‎. Ke depan kami makin optimis perekomomian masyarakat Banjarmasin, makin membaik. Indikasinya sebenarnya sudah terasa di tiga bulan terakhir ini,” ujar Mateus.

Pulihnya harga batubara, kata Mateus, juga berdampak pada naiknya penjualan rumah di CitraLand Banjarmasin. Dibanding tahun lalu, per Oktober 2016 ada kenaikan sekitar 50 persen, yang sebagian besar berasal dari penjualan ruko. Selain itu, kebijakan Tax Amnesty juga turut mendongkrak transaksi rumah dan ruko di CitraLand Banjarmasin.

“Tidak hanya pengusaha batubara yang bangkit, bisnis turunannya pun seperti jasa penyewa alat berat, kontraktor, dan bisnis jasa angkutan juga mulai beroperasi. Mereka inilah menjadi pasar potensial kami, yang dulunya merupakan konsumen utama CitraLand Banjarmasin. Di samping itu, adalah konsumen kami merasa puas akan capaian perkembangan proyek ini, mereka repeat order (membeli kembali), baik rumah maupun ruko,” tandas Mateus.***